Catatan Menjelang Senja di Tokyo

Senja ketiga di Tokyo.

Di sepanjang jalan dengan barisan pohon rindang di kanan kiri, aku berjalan tenang sambil mengencangkan syal di leher. Angin musim gugur berhembus dingin dan setitik air hujan mulai jatuh di hidung. Rintik gerimis menjalarkan dingin hingga ke pipi. Tampaknya benar akan terjadi hujan seperti kata ramalan cuaca di televisi tadi pagi. Aku berjalan bergegas dan mendekap kameraku erat. Beberapa orang sedikit berlari menuju stasiun metro, berharap sampai di stasiun sebelum hujan menderas.

Setengah berlari, sudut mataku menangkap ada  kafe mungil di dalam sebuah toko yang menjual buku-buku lawas dan piringan hitam tua. Rupanya sang pemilik toko buku sengaja membuat kafe di dalam tokonya untuk menarik lebih banyak pengunjung. Ada sofa besar empuk berwarna coklat dengan bantal kecil berwarna merah tua yang menarik perhatianku. Kuhentikan langkah tepat di depan toko. Kudekatkan hidungku ke jendelanya yang besar dan nafasku membentuk uap disana. Tempat ini cantik sekali, pikirku. Sempat terpikir untuk masuk ke dalam dan melihat-lihat beberapa buku, kemudian duduk dan membacanya sembari menyesap secangkir teh hijau atau susu hangat. Kulirik jam di pergelangan tanganku, baru pukul lima sore tapi senja sudah hilang dan angin semakin kencang. Aku harus tiba di hotel secepatnya atau akan terjebak hujan hingga entah kapan. Kukencangkan syalku dan kuputuskan untuk segera pulang.

Disela gegasku menuju stasiun metro, diantara langkah kaki kaum urban Tokyo, diantara rinai hujan dan laju kereta, ada sebaris rindu pada senyummu, pada hangat sinar matamu, pada percakapan konyol dan gelak tawamu, dan pada genggam hangat yang menguatkan, bahwa semua akan baik-baik saja.

Tokyo, 22 Oktober 2012. 18.28 PM.

Advertisements

2 thoughts on “Catatan Menjelang Senja di Tokyo

  1. Diaaaaannnn…. senangnya sudah menginjakkan kaki di Jepang sana… Kalau suatu hari nanti daku dapet rejeki nyampe juga disana, mau nanya2 tempat/lokasi2 apa aja yang rekomended yaaaaa XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s