And Here It’s Come The Closing Day..

cimg03542Beberapa hari lalu gw terima pemberitahuan formal dari management kalo kantor cabang Bali akan ditutup per akhir bulan ini. Ya, berhenti beroperasi.

Yang gw rasa? Sedih. Banget.

Sebenernya, udah santer terdengar di internal karyawan tentang berita ini, cuman secara belum ada pengumuman resmi, ya gw masih belum berasa yang gimana..

There are times when I can’t manage my feeling knowing this. Penutupan kantor cabang bukan sekedar berhenti beroperasi dan melelang inventaris. Buat gw, kehidupan berkarir secara profesional gw mulai di kantor cabang Bali. Waktu itu kantor baru dibuka, dan gw ngalamin yang namanya setting up semua, mulai dari furniture kantor, peralatan elektronik, doing branding, spreading up the flyer and all the marketing tools..I did it all. Gw belajar berkorespondensi dengan bahasa Inggris yang business manner banget, gw belajar handle complaint, belajar time management, dan semuanya.

Dan semua yang pernah kerja bareng sama gw disana, Mbak Ade dan manager berkewarganegaraan Jepang gw, Yumi san namanya, adalah orang2 yang punya arti sangat besar buat gw. Mereka bukan hanya sekedar rekan kerja, mereka adalah keluarga gw. Wuihh, jangan ditanya kaya apa repotnya nyatuin karakter kita bertiga. Ya, emang kita cuman bertiga di kantor cabang Bali, management melihat tidak perlu punya banyak staff karena sebagian besar kegiatan operasional dilakukan online.

Kita bertiga berhasil ngatasin yang namanya bentrokan karakter. Kebayang dong kalo perempuan semua wujudnya kaya apa kalo lagi pada barengan PMSnya, hakhak.. Gw yang cenderung adem ayem selalu menjadi penengah kalo Mbak Ade sama Yumi san beradu argumen.

Mbak Ade juga yang selalu memenuhi dahaga gw yang selalu merindukan masakan rumah. Meskipun suaminya berkewarganegaraan Perancis, selalu ada krupuk sama sambel buatan sendiri dirumahnya. Bukan cuma sekali gw diundang untuk lunch bareng di rumahnya di Canggu, ato bahkan bawain kita2 makan siang. Menunya ga jauh dari sayur asem, ikan asin, dendeng sama sambel terasi. Ada krupuk juga. Seluruh komitmen gw untuk berdiet selalu luluh lantak kalo ada lunch invitation.. Hahaha..

Dari Yumi san, gw belajar untuk tau karakter dan kebiasaan orang Jepang, sesuatu yang gw amat sangat ingin tahu. Gw juga belajar beberapa kosakata Jepang, walaupun pronounciation gw kacau berat.

Bahkan setelah gw pindah ke Jakarta, gw masih sering keep in touch sama mereka lwt, tlp, sms, FB, YM ato Skype. Semua media gw pake untuk berkomunikasi ama mereka. Hubungan gw masih amat sangat dekat karena Mbak Ade sama Yumi san juga lumayan sering ke Jakarta.

Sekarang yang tersisa disana adalah Yumi san dan beberapa orang staff yang ga gw kenal. Mbak Ade uda pindah ke salah satu insurance broker dan mendulang sukses disana. Yumi san masih bertahan karena dia bertanggung jawab untuk divisi Japanese Native dan Japanese Speaking. Kantor cabang tetap berada dalam performance yang baik under dia.

Kabar penutupan ini bikin gw ngrasa sedih dan nyesek. Banyak memori disana buat gw. Tapi apa boleh buat, gw ga bisa ngapa2in karena ini sudah menjadi keputusan management.. 😦

I do believe all those staffs who is being laid off will find another employment at the soonest, they’re qualified people. Sad that this stupid global crisis whom we are not able to avoid is the fact we have to face.

Anyhow, this is another lesson, nothing last forever, eventough never comes in my thought that this office’s closing will be happen in short period. Another lesson about peoples who come and go in our life. No matter how long we’ve known them, how many times spends for them, they will however left the special parts in our heart.

Memories left, times changing, but our friendship will remain the same. And so does my feeling for you both, my marvelous sisters, Yumi san and Mbak Ade. I love you bothΒ  πŸ™‚

2 thoughts on “And Here It’s Come The Closing Day..

Leave a Reply

